Cara Memilih Pakan Ternak Ayam Kampung

unsplash.com/photos/mJ7ghTbKXYo

Pakan ternak ayam kampung sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pakan ayam ras. Meski begitu, jika Anda beternak ayam kampung rumahan, tentu saja pemberian pakan pabrikan seperti ayam ras bisa membuat Anda rugi.

Oleh karena itulah, Anda disarankan untuk memilih pakan ayam kampung yang murah dan mudah didapat. Nah, agar pakan yang Anda berikan bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya sekaligus bisa menghemat biaya pakan, berikut ini adalah panduan cara memberi pakan ayam kampung:

A. Pakan Sebagai Sumber Energi

Anda bisa menggunakan banyak sekali sumber daya alam yang ada disekitar tempat tinggal Anda untuk digunakan sebagai pakan sumber energi. Lalu, apa syarat untuk memilih pakan sebagau sumber energi?

  1. Mengandung protein kasar kurang dari 20%.
  2. Mengandung serat kasar dibawah 18%.
  3. Mudah didapatkan.
  4. Dijual dengan harga murah.

Itu adalah syarat-syarat untuk mendapatkan pakan sebagai sumber energi. Untuk mendapatkan pakan sebagai sumber energi, pertimbangan utamanya adalah pada pemberian pakan yang kaya kalori, namun didapatkan dengan harga semurah mungkin. Beberapa contoh pakan sumber energi diantaranya adalah:

  • pakan limbah penggilingan
  • pakan limbah (roti expired, mie expired, dll)
  • pakan biji-bijian seperti jagung dan sorgum
  • pakan dari umbi-umbian seperti ketela rambat, singkong, uwi, dll.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan pakan hijauan seperti rumput gajah, rumput benggala ataupun rumput setaria.

B. Pakan Sumber Protein

Selain pakan sebagai sumber energi, Anda juga harus memberikan pakan sebagai sumber protein. Jenis pakan sebagai sumber energi ini berperan penting untuk menunjang proses pertumbuhan dan menunjang ayam agar bertelur dengan cepat dan banyak.

Oleh karena itulah, sangat penting bagi Anda untuk memberikan pakan yang mengandung protein tinggi sebagai penunjang proses pertumbuhan dan bertelurnya ayam Anda.

Namun, tentu saja, ada batasan yang harus dipertimbangkan dalam memberikan pakan sumber protein, yaitu harganya yang mahal.

Pakan sumber protein yang paling umum digunakan adalah konsentrat. Tentu Anda juga memahami bahwa pakan konsentrat dijual dengan harga yang mahal.

Nah, agar Anda tetap bisa memberikan pakan sumber protein tanpa membeli pakan konsentrat jadi yang cukup mahal, berikut ini adalah tips memilih pakan sumber protein yang murah namun tetap efektif untuk pertumbuhan dan menunjang ayam kampung untuk bertelur:

  1. Mengandung protein >20%.
  2. Pakan dapat berasal dari hewani maupun nabati.
  3. Contoh pakan sumber protein dari bahan sampingan/limbah, seperti bungkil kelapa, bungkil kedelai, ketela rambat, dll.
  4. Contoh pakan sumber protein dari kelompok hijauan, seperti lamtoro, turi kaliandra, sentri, gamal dan lainnya.
  5. Contoh pakan sumber protein dari bahan pakan hewani, seperti tepung ikan, tepung darah, 

cvtriera

Related Posts

Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana, Mudah Banget!

Punya rencana untuk memelihara atau beternak ayam di rumah? Belum punya kandangnya tapi enggak ada budget? Orang yang memelihara ayam…

Suplemen/Vitamin Untuk Ayam Kampung

Ada banyak suplemen di pasaran yang bisa Anda berikan pada ternak ayam kampung. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda…

Jenis-jenis Ayam Petelur

Ayam Petelur Putih Ayam Petelur putih biasa disebut sebagai Ayam Ringan. Ayam petelur jenis ini memiliki telur dengan warna putih….

Cara Memilih Bibit Ayam Kampung

Bibit ayam kampung umumnya tidak dijual secara resmi oleh pihak penjual bibit. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan bibit ayam…

Butuh bantuan?