Cara Memilih Bibit Ayam Kampung

unsplash.com/photos/8wWpDF4Av-Y

Bibit ayam kampung umumnya tidak dijual secara resmi oleh pihak penjual bibit. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan bibit ayam kampung dari pembibit ayam kampung yang ada disekitar tempat tinggal Anda.

Selain membeli dari pembibit ayam kampung, Anda juga bisa membeli telur tetas ayam kampung, lalu menetaskannya sendiri menggunakan mesin tetas. Ini adalah cara yang membutuhkan waktu cukup lama, tapi bisa menghasilkan cukup banyak anakan.

Apapun cara yang dipilih untuk mendapatkan bibit ayam kampung, Anda tetap harus memahami bagaimana ciri-ciri bibit ayam kampung yang berkualitas. Agar Anda tidak kesulitan, berikut ini adalah ciri-ciri bibit ayam kampung yang baik dan berkualitas:

  1. Dapat berdiri tegap.
  2. Tidak ada tanda-tanda cacat.
  3. Sehat dengan ciri gerakan gesit.
  4. Mata bersinar.
  5. Pusar sudah terserap sempurna.
  6. Bulu tampak bersih dan mengkilap.
  7. Jika Anda menetaskan sendiri, maka Anda bisa mengetahui mana telur yang menetas sesuai tanggal (tidak lebih lambat/lebih cepat).
  8. Ukuran seragam.

Itu adalah ciri-ciri anakan ayam kampung yang baik. Setelah mengetahui cara memilih bibit, selanjutnya pilih pakan ternak ayam kampung yang murah dan mudah didapat.

cvtriera

Related Posts

Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana, Mudah Banget!

Punya rencana untuk memelihara atau beternak ayam di rumah? Belum punya kandangnya tapi enggak ada budget? Orang yang memelihara ayam…

Suplemen/Vitamin Untuk Ayam Kampung

Ada banyak suplemen di pasaran yang bisa Anda berikan pada ternak ayam kampung. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda…

Jenis-jenis Ayam Petelur

Ayam Petelur Putih Ayam Petelur putih biasa disebut sebagai Ayam Ringan. Ayam petelur jenis ini memiliki telur dengan warna putih….

Cara Memilih Pakan Ternak Ayam Kampung

Pakan ternak ayam kampung sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pakan ayam ras. Meski begitu, jika Anda beternak ayam kampung rumahan,…

Butuh bantuan?