Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana, Mudah Banget!

today.line.me/id/v2/article/YzDaN8

Punya rencana untuk memelihara atau beternak ayam di rumah? Belum punya kandangnya tapi enggak ada budget?

Orang yang memelihara ayam biasanya dimanfaatkan sebagai hewan ternak untuk diambil daging dan telurnya. Tapi ada juga yang memelihara ayam sebagai peliharaan, misalnya seperti ayam bangkok.

Ketika akan memelihara ayam, tentu pemilik butuh memiliki kandang untuk menyimpan ayamnya. Daripada beli, mending Sobat Pintar bikin sendiri!

Ini cara membuat kandang ayam petelur, bangkok, dan jenis ayam lainnya yang paling gampang dan sederhana!

Jenis Kandang Ayam

Sama seperti rumah manusia, ada beberapa pilihan yang bisa dipilih ketika ingin membuat kandang ayam. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum, kandang ayam dibagi menjadi dua jenis, yakni tipe postal dan tipe baterai. Tipe postal adalah kandang yang tidak memiliki sekat, sedangkan tipe baterai memiliki sekat pembatas.

Untuk kandang ayam dalam jumlah skala yang tidak terlalu besar, bentuk atau model kandang yang biasa digunakan ada tiga macam:

1. Kandang Ayam Kurung

Mungkin yang paling familiar adalah kandang ayam model kurung. Desain yang satu ini memang umum digunakan untuk menyimpan ayam agar tidak lari ke mana-mana.

Kandang ayam ini termasuk ke dalam tipe kandang postal karena tidak memiliki sekat. Biasanya, kandang ini hanya digunakan untuk menampung satu atau dua ekor ayam saja.

Kalau kamu mencari cara membuat kandang ayam bangkok, tipe kandang yang satu ini cocok untuknya.

2. Kandang Ayam Lipat

Selanjutnya ada jenis kandang ayam lipat yang berbentuk kubus dan memiliki pintu masuk. Kandang jenis ini kadang digunakan untuk memelihara hewan lain seperti kelinci.

Masing-masing sisi dari kandang ini bisa dibongkar pasang sehingga bisa disimpan ketika tidak sedang digunakan. Material yang biasa digunakan adalah bambu.

Kandang jenis ini bisa didesain untuk satu ayam ataupun beberapa ayam sekaligus. Jika dibuat untuk banyak ayam, bentuknya akan lebih panjang dan memiliki sekat serta jumlah kaki yang lebih banyak.

3. Kandang Ayam Tingkat

Disebut juga kandang tipe baterai, kandang ayam tingkat memiliki sekat-sekat dan dibuat bertingkat untuk menghemat ruang. Jenis kandang yang satu ini sering digunakan untuk ayam petelur.

Ketika membuat kandang dengan model ini, alas kandang bagian atas harus dibuat dua lapis, satu untuk tempat ayam berpijak dan satu sebagai tempat penampungan kotoran ayam.

Hal ini akan membuat pemilik lebih mudah untuk membersihkan kandang ayam secara rutin. Ayam yang kita miliki pun akan terjaga dari bakteri yang diakibatkan oleh kotorannya sendiri sehingga kualitas ayam juga semakin baik.

Sumber : https://today.line.me/id/v2/article/YzDaN8

cvtriera

Related Posts

Suplemen/Vitamin Untuk Ayam Kampung

Ada banyak suplemen di pasaran yang bisa Anda berikan pada ternak ayam kampung. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda…

Jenis-jenis Ayam Petelur

Ayam Petelur Putih Ayam Petelur putih biasa disebut sebagai Ayam Ringan. Ayam petelur jenis ini memiliki telur dengan warna putih….

Cara Memilih Pakan Ternak Ayam Kampung

Pakan ternak ayam kampung sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pakan ayam ras. Meski begitu, jika Anda beternak ayam kampung rumahan,…

Cara Memilih Bibit Ayam Kampung

Bibit ayam kampung umumnya tidak dijual secara resmi oleh pihak penjual bibit. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan bibit ayam…

Butuh bantuan?